Breaking News

Trending Template

Donderdag 02 Januarie 2014

DAMPAK KESEHATAN AKIBAT PERGAULAN BEBAS MUDA-MUDI


DAMPAK KESEHATAN AKIBAT PERGAULAN
BEBAS MUDA-MUDI

I.     PENDAHULUAN
Terwujudnya keadaan sehat, merupakan kehendak semua pihak. Tidak  hanya oleh orang – perorang atau keluarga, tetapi juga oleh kelompok – kelompok tertentu dan bahkan oleh seluruh anggota masyarakat.
Adapun yang dimaksud dengan sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa dan social yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara social dan ekonomis seperti yang tercantum dalam Undang-undang No. 23 tahun 1992 tentang kesehatan.
Kesehatan saat ini bukan saja merupakan kebutuhan dari setiap orang, tetapi juga merupakan hak azasi manusia oleh karenanya setiap orang berhak mendapatkan pemeliharaan dan pelayanan kesehatan baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

II.  DAMPAK KESEHATAN
Untuk dapat mewujudkan keadaan sehat, dilakukan dengan berbagai upaya yang harus dilaksanakan, baik oleh instansi pemerintah, maupun oleh masyarakat, oleh karena kesehatan bukan saja tanggung jawab pemerintah. Dalam hal ini oleh departemen kesehatan, tetapi juga merupakan tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat baik perorangan, keluarga maupun kelompok.
      Berbagai dampak dapat ditimbulkan yahng berhubungan dengan kesehatan, baik dampak yang bersifat positif maupun dampak yang bersifat negative.
      Dampak yang bersifat positif dapat terjadi bila masyarakat melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam bentuk peningkatan pelayanan (promosi), pencegahan penyakit (preventif), pengobatan (kuratif) dan pemulihan kesehatan (rehabilitasi) misalnya kesehatan lingkungan, penyuluhan kesehatan, pencegahan terhadappenyakit menular, imunisasi, pengobatan dini penyakit, penggunaan obat-obat yang rasional sesuai dengan resep serta anjuran dokter dan melaksanakan rehabilitasi pasca sakit dan lain-lain.

III. DAMPAK KESEHATAN AKIBAT PERGAULAN BEBAS MUDA – MUDI
Berbagai dampak kesehatan yang dapat vtimbul karena pergaulan bebas yang dilakukan muda – mudi atau remaja, baik yang sangat ringan sampai dengan yang terburuk.
Masalah kesehatan yang dapat terjadi akibat pergaulan bebas muda – mudi antara lain :
  1.Kebiasaan Merokok
          Dengan berkumpulnya remaja dalam kelompoknya, akan memberikan dampak awal seperti kebiasaan merokok, dimana kegiatan ini merupakan entry point atau pintu masuknya masalah – masalah kesehatan lannya.
      Dengan merokok, dapat menyebabkan ketergantungan terhadap nikotin yang mengandung berbagai zat racun yang berdampak bukan saja kepada dirinya tetapi juga terhadap lingkungannya dan pada akhirnya akan menyebabkan hal yang lebih lanjut atara lain :
a.       TBC paru
b.      Kanker Paru
c.       Kelainan Jantung
d.      Kematian
2.Ganja
Dengan adanya entry point dari kebiasaan meroko, maka para muda – mudi akan mencoba mengguanakan obat-obatan antara lain :
Ganja digunakan oleh remaja atau muda-mudi didalam kelompoknya, yang ama kelamaan akan menyebabkan ketagihan bagi penggunanya. Bila hal ini dilakukan secara berulang-ulang dan yterus menerus, maka akan menjadi kebiasaan yang sangat sulit untuk dihilangkan bahkan akan meningkat kearah pengguna zat-zat lainnya.
3.Napza
Penyalah gunaan obat, yang dimulai dengan jenis narkotika, jenis psikotropika, zat addiktif lainnya, dan akhir-akhir ini marak diberitakan tentang ectasy dan shabu-shabu merupakan masalah yang sangat kompleks dikalangan remaja dan muda-mudi.
             Penggunaan obat-obatan terlarang ini dimulai dengan remaja yang tidak puas dengan pengguanaan ganja, dan dilakukan dalam kelompok-kelompok remaja dimana yang melaksanakan kegiatan-kegiatan pergaulan bebas serta dapat menimbulkan masalah, baik masalah psikologis, social juga masalah keamanan.
Berbagai cara dilakukan oleh pengguna tersebut mulai dari menghisap, menelan, menyuntukkan sampai pada mengiris pada anggota tubuhnya. Dengan melakukan kegiatan tersebut, maka tingkat sterilitas dan kebersihan peralatan tidak lagi menjadi penting, dimana alat suntik, alat hisap dan silet digunakan secara bersama-sama. Dampak farmakologik dankesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain :
a    Efek Farmakologi
Efek yang timbul akibat penggunaan obat-obatan tersebut antara lain :
·         Meningkatnya daya tahan tubuh sehingga tidak mudah lelah
·         Meningkatnya kewaspadaan dan rasa percaya diri yang
         berlebihan
·         Rasa nyaman dan perasaan bahagia semu
·         Timbul khayalan-khayalan yang menyenagkan
·         Emosi menurun
b.  Pada penggunaan obat-obat ini, akan timbul khayalan-khayalan yang merupakan khayalan-khayalan seksual sehingga obat ini disebut “ Love Drugs “. Pada penggunaan yang berlebihan, dapat menimbulkan dampak kesehatan.berupa keracunan/efek antara lain :
·         Muntah dan mual
·         Gelisah
·         Sakit kepala
·         Nafsu makan hilang
·         Denyut jantung dan tekanan darah meningkat
·         Timbul khayalan yang menakutkan
·         Reaksi panic
·         Emosi lepas control dan Mudah timbul rasa permusuhan pada  
         orang lain
·         Cenderung merusak diri
·         Kejang-kejang
·         Gangguan pergerakan dan keseimbangan
    c.  Dampak atau efek lain yang dapat ditimbulkan
Bila efek obat habis, jam berapa kemudian pengguna/pemakai mengalami hal-hal :
·         tidur dalam/lama
·         depresi
·         apatis

    d.  Ketergantungan obat
Akibat dari dampak/efek terhadap kesehatan, maka pengguna akan sehat tergantung pada obat-obat tersebut.
    e. Penularan penyakit melalui darah akibat penggunaan alat secara bersama-sama, seperti :
·         hepatitis
·         HIV/AIDS
·         Dll
4.Penyakit Menular Seksual (PMS) dan HIV AIDS
           Akibat enggunaan obat-obat diatas, maka kesadaran pengguna akan tidak dapat terkontrol sehingga dapat terjadi hubungan seksual, penularan penyakit-penyakit antara lain :
a.      Penyakit menular seksual (PMS)
penyakit ini ditularkan melalui hubungan seks bebas, dimana penderita penyakit tersebut akan menularkan kepada pasangannya dan begitu pula seterusnya, bila pasangan tersebut berhubungan kelamin dengan orang lain sehingga akan menyebabkan rantai penularan yang panjang. Penyakit-penyakit tersebut antara lain :
·         sifilis
·         gonorhoe
·         dll
b.   HIV/AIDS
Penyakit ini selain dapat ditularkan melalui hubungan seks bebas, juga dapat melalui darah dengan perantara jarum suntik dan silet yang digunakan oleh muda-mudi pengguna narkoba.
Penderita HIV dalam kehidupan kesehari-harinya tampak seperti orang yang sehat, namun dapat terjadi penularan virus penyakit antara lain :
·         Hubungan seksual
·         Transfuse darah
·         Penggunaan alat suntik atau alat lainnya yang berhubungan dengan darah secara bersama-sama
·         Dari ibu hamil ke janin yang dikandungnya
Dampak kesehatan yang dapat ditimbulkan antara lain :
·         Penurunan daya tahan tubuh
·         Penurunan kekebalan tubuh sehingga tubuh dapat diserang oleh penyakit apa saja, dimana pada orang normal tidakmmenimbulkan kelainan yang berarti, tetapi pada penderita HIV dapat mengakibatkan kelainan yang sangat berat sampai pada kematian.
·         Keadaan berlanjut menjadi AIDS
·         Menyebabkan kematian


5.Kehamilan dan Aborsi
            Akibat pergaulan bebas yang dilakukan oleh muda-mudi dengan penggunaan obat-obat/narkoba yang akan menurunkan kesadaran serta hanya mementingkan kesenangan belaka, dapat memberikan dampak terjadinya hubungan seksual.
             Akibat hubungan seksual yang dilakukan tersebut akan menyebabkan kehamilan. Dan apabila kehamilan tersebut tidak diinginkan, maka mereka akan mengambil jalan pintas dengan melakukan pelanggaran hukum yaitu melakukan aborsi.
Hal-hal yang dapat terjadi bila dilakukan aborsi antara lain :
·         Janin tidak keluar dan dilahirkan dengan cacat
·         Pendarahan yang hebat
·         Infeksi jalan lahir pada ibu
·         Kematian

  IV. PENUTUP
Berbagai dampak dapat ditimbulkan terhadap kesehatan akibat pergaulan bebas, baik dampak kesehatan yang positif maupun yang negatif. Dampak kesehatan yang dapat timbul akibat pergaulan bebas muda-mudi yang bersifat negative dapat dicegah dengan mengalihkan kegiatan-kegiatan kelompok muda-mudi kearah kesehatan yang berdampak positif.
(Jangan Lupa Jempolnya/Like)

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com