Breaking News

Trending Template

Maandag 15 September 2014

ADAB DI MASJID

ADAB-ADAB MASJIDMasjid sebagai rumah dari rumah Allah, ada beberapa etika yang telah digariskan oleh Islam ketika mendatanginya, ketika berada didalamnya. Untuk lebih jelasnya kita simak bahasan berikut ;
  1. Berdoa ketika keluar rumah menuju masjid.
Hendaklah orang yang keluar dari rumahnya membaca doa:


“Dengan menyebut nama Allah aku bertawakkal kepada-Nya, tidak ada daya dan upaya selain dari Allah semata”. (HR. Tirmidzi).
Kemudian ketika berjalam menuju masjid hendaklah berdoa :

  
Yaa Allah … berilah cahaya dihatiku,dipenglihatanku dan dipendengaranku, berilah cahaya disisi kananku dan disisi kiriku, berilah cahaya diatasku, dibawahku, didepanku dan dibelakangku, Yaa Allah berilah aku cahaya.(HR.Bukhari 6316 dan Muslim 763).
  1. Berdoa ketika memasuki masjid dan mendahulukan kaki kanan
Adapun do’a ketika masuk masjid diantaranya:


Ya Allah berilah shalawat dan salam kepada Muhammad dan para kerabatnya, Ya Allah bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku.(HR. Muslim, Abu Dawud, Nasa’I,Ibnu Majah)
  1. Bersegera menuju masjid jika waktu shalat telah tiba
  2. Di sunnahkan berjalan menuju masjid dengan tenang dan menundukkan pandangan.
  3. Mengucapkan salam kepada orang yang berada di masjid
  4. Sholat Tahiyyatul masjid
  5. Berdo’a ketika keluar dari masjid dan mendahulukan kaki kiri
Doanya :

Ya, Allah… Aku mohon kepada-Mu Karunia-Mu (HR. Muslim dan Abu Dawud)
  1. Menunggu sholat dengan berdzikir dan berdoa, membaca Al Quran atau diam janganlah ia membicarakan masalah duniawi. Dan berdoa antara adzan dan iqamat karena merupakan waktu yang mustajab untuk dikabulkan.
  2. Tidak lewat dihadapan orang yang sedang shalat
  3. Tidak menerapkan hukum had dan qishash di masjid
  4. Menjaga kebersihan dan kesucian masjid
  5. Tidak ikhtilat dalam masjid (percampuran baur antara laki-laki dan perempuan.
al ini dilarang, dan tidak hanya di masjid
  1. Menjauhkan diri dari bau yang tidak sedap.seperti bawang putih atau yang lainnya, karena sesungguhnya malaikat tergangu sebagaimana manusia tergang

  1. Larangan mencari  dan mengumumkan barang yang hilang dalam masjid.
”Dari Abu Hurairah    bahwasanya Rasulullah    bersabda : Barang siapa yang mendengar seseorang mencari barang yanmg hilang didalam masjid maka katakanlah kepadanya: Semoga Allah tidak mengembalikan kepadamu! Sebab  masjid tidak dibangun untuk itu. (HR. Muslim)
Yakni, tidaklah masjid dibangun untuk urusan dunia. Tetapi dibangunnya masjid ialah untuk berdzikir, membaca Al Quran, sholat, majelis ilmu dan untuk kemaslahatan kaum muslilmim di dunia dan di akhirat, tidak untuk kepentingan pribadi dan golongan. Apalagi sejenis pengumuman perayaan kesenian, olahraga, dll
  1. Tidak memakai wangi-wangian - khusus bagi wanita
  2. Tidak memakai pakaian yang dapat menganggu kekhusu’an sholat orang lain
  3. Tidak membacakan syair-syair atau puisi dalam masjid
  4. Hal-hal yang  boleh dilakukan di masjid adalah :
-          mengadakan majelis ilmu
-          Tidur dalam masjid
-          Bolehnya makan dan minum dalam masjid
-          Bolehnya membawa anak kecil dalam masjid
  1. Tidak mengadakan jual beli dalam masjid
Dari Abu Hurairah             bahwasanya Rasulullah           bersabda: “ Apabila kalian melihat orang yang berjual beli di masjid, maka katakanlah : Semoga Allah tidak menjadikan untung dalam perdaganganmu. (Riwayat At Tirmidzi).


Disarikan kembali oleh Ummu Sahl, dengan maraji:
-          Majalah Al- Furqon Edisi 3 Th.III/syawal 1424
-          Majalah As-Sunnah Edisi 09/vii/1424H/2003 M
Catatan tambahan: Jika ingin lebih lengkap bahasannya serta dalilnya  silahkan baca sumber asli maraji diatas dalam rubrik ADAB-ADAB MASJID

Dari redaksi

Alhamdulilah hanya dengan ridha Allah     , bacaan ini hadir dihadapan pembaca. Maafkan jika tidak bisa on time menampilkan artikel-artikel Islami yang jelas masih bisa dipertahankan kelanjutan keberadaan dan kehadiran  untuk kedepan. Wallahu A’lam.
Pembaca yang dirahmati oleh Allah Ta’ala, Ana berusaha untuk menyajikan bahasan  yang secara langsung menyentuh sisi masjid yang Insya Allah dalam pemahaman manhaj salaf, semoga rubrik Adab-adab masjid dapat kita amalkan, dan beberapa artikel lain yang tak kalah pentingnya. Hanya dengan satu harapan kita dapat mengilmui, mengamalkan , mendakwakan dan membawa kebahagiaan dunia dan akhirat. Amin.
Kalau ada kesalahan, khilaf dalam pemaparan ini atau menyinggung perorangan ataupun kelompok, ana mohon diampunkan kepada Allah               .
           
           Jangan bersedih….
Karena rasa sakit dapat sirna, cobaan akan pergi, dosa akn terampuni, hutang akan terbayar, narapidana akan dibebaskan, orang yang hilanh akan kembali, orang yang melakukan kemaksiatan akan bertaubat, dan orang yang fakir akan menjadi kaya.
Jangan bersedih….
Tidakkan anda memperhatikan bagaimana awan hitam itu etrsingkap terang, malam yang demekian pekat menjadi terang benderang,angin yang sedekian kencang dapat menjadi tenang. Semua itu menandakan bahwa beban hidup anda yang seberat apapun dapat hilang dan berubah menjadi kebahagiaan.
Jangan bersedih….
Karena qadha telah ditetapkan, takdir pasti terjadi, pena-pena telah mengering, lembaran-lembaran catatan ketentuan pun telah dilipat.Dan rasa sedih sama dengan menentang qadha, dan menyesali  sesuatu yang pasti, jauh dari sikap lembut, dan benci terhadap nikmat

Jangan bersedih…

Sebab kesedihan itu akan mendorong anda menghentikan putaran roda zaman, mengingat dan mengenang masalalu, kemudia bersedih atas kegagalan dan nestapa di dalamnya merupakan tindakan bodoh.

Jangan bersedih…

Sebab rasa sedih akan selalu menganggumu dengan kenangan masa lalu, akan membuatmu khawatir dengan segala kemungkinan dimasa yang akan datang, hari esok adalah sesuatu yang belum nyata, dan dapat diraba, belum berwujud, bukankan kita tidak tahu apakah kita akan bertemu dengannya atau tidak,Yang jelas hari esok masih ada dalam alam ghoib dan belum turun ke bumi.
Jangan bersedih… karena sesungguhnya dunia terlalu hina untuk membuat anda bersedih
Jangan bersedih… sebab bersabar atas sesuatu yang tidak anda sukai dan dalam menghadapi kesulitan adalah jalan menuju kemenangan, kesuksesan dan kebahagiaan.
Jangan bersedih… dengan ujian dan cobaan Allah sebab bisa jadi itu merupakan kurunia dan ganjaran
Jangan bersedih karena kematian tidak akan datang sebelum waktu yang di tentukan.
(Di kutip  dari buku “La tahzan” Ummu Sahl )

Jangan bersedih….. Spesial kuperuntukkan untuk saudariku ummu Hudzaifah semoga  tulisan ini menjadi pondasi kembali untuk tegar atas segala apa yang engkau sedihkan. Problema kehidupan akan terus setia mengikuti perjalanan hidup manusia, bersama kesulitan ada kemudahan.Cobaan, musibah, dan kegagalan yang menjadikan bersedih hal yang lumrah terjadi pada setiap manusia , Yakinlah setiap manusia punya masalah, hanya dalam versi yang berbeda dan kembali kepada personalnya bagaimana menjalaninya dan menyikapinya. Sungguh menakjubkan urusan orang mukmin jika dia mendapat cobaan dia bersabar, jika mendapat nikmat dia bersyukur. (Saudarimu Ummu Sahl)























Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com