Breaking News

Trending Template

Maandag 15 September 2014

KEGIATAN EKONOMI ANTARNEGARA SERTA KERJA SAMA EKONOMI ANTARNEGARA

KEGIATAN EKONOMI ANTARNEGARA SERTA KERJA SAMA EKONOMI ANTARNEGARA



Suatu kegaitan perdagangan tidak hanya terjadi pada lingkungan suatu kabupaten, provinsi bahkan Negara, tetapi terdapat juga pada antar Negara tetangga atau biasa disebur dengan perdagangan antarnegara. Dan disebabkan suatu Negara tidak dapat mengandalkan produksi dalam negeri saja. Barang- barang hasil produksi luar Negara juga dibutuhkan oleh suatu Negara.
PENGERTIAN PERDAGANGAN ANTARNEGARA
Tidak ada satu Negara pun yang dapat menghasilakn sendiri semua kebutuhan penduduknya. Kekurangan suatu Negara dicukupi dengan mendatangkan barang- barang dari Negara lain. Sebaliknya kelebihan hasil dari suatu Negara dikirimkan ke Negara lain yang memerlukannya. Dengan demikian terjadi tukar- menukar hasil produksi antarnegara atau dikatakan penyebabnya terjadi perdagangan antarnegara.pada perdagangan antarnegara tedapat barang- barang keluar dari suatu Negara atau terjadi arus barang keluar. Perbedaan perdagan antarnegara dan perdagan dalam negri : Perdagangan antarnegara ialah penjual dan pembeli bertempat tinggal dinegara yang berbeda. Penjual dan pembeli mengakui valuta (mata uang) yang berbeda. Oleh karena itu, pembayaran pada perdagangan antarnegara tidak dapt menggunakan uang dalm negri. Pembayaran itu harus menggunakan devisa, antara lain dengan uang asing ( Valuta Asing/ Valas). Sedangkan perdagangan dalam negri ialah pihak penjual dan pembeli bertempat tinggal dalam satu Negara (Negara yang sama). Dengan demikian, penjual dan pembeli mengakui valuta (mata uang) yang sama. Oleh karena itu tidak ada kesulitan mengenai alat pembayaran. Pembarayan dalam dilakukan secara langsung.
MANFAAT DAN HAMBATAN PERDAGANGAN ANTARNEGARA
Dalam suatu perdagangan antarnegara terdapat manfaat serta hambatannya ialah :
Manfaat perdaganagn antarnegara
  1. Kebutuhan setiap Negara tercukupi
  2. Negara pengespor memeperoleh keuntungan
  3. Setiap Negara mengadakan spesialisasi produksi
  4. Perdagangan antarnegara mendorong peningkatan kegiatan produksi barang
  5. Perdagangan antarnegara meningkatkan hubungan persahabatan antarnegara
  6. Perdagangan antarnegara mendorong kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  7. Memperluas jaringan konsumsi
 HAMBATAN PERDAGANGAN ANTARNEGARA
a.    Perbedaan mata uang antarnegara
b.    Pembayaran antarnegara sulit serta resikonya besar
c.    Kebijaksaan impor suatu Negara
d.    Perang dan resesi
e.    Persamaan barang ekspor
f.     Organisasi ekonomi regional
g.    Proses ekspor impor memerlukan waktu lama
h.    Negara agraris sulit mengembangkan perdagangannya
i.      Perekonomian Negara berkembang terdesak oleh Negara maju
j.      Politik dumping dapat merugikan Negara ekspor
Perdagangan antarnegara merupakan salah satu bentuk kerja sama ekonomi antarngera. Dalam perdagangan antarnegara terjadi tukar - menukar barang antarnegara dengan perantara uang (devisa), barang yang ditukarkan tersebut berwujud benda. Kebutuhan suatu Negara tidak cukup hanya dipenuhi dengan barang yang berwujud benda. Kebutuhan- kebutuhan yang lainpun masih banyak. Misalnya kebutuhan akan jasa dan modal. Oleh karena itu, jangkauan kerja sama ekonomi antanegara lebih luas dari pada perdagangan antarnegara. Berdasarkan jumlah Negara yang mnegadakan kerja sama ekonomi antarnegara, bentuk kerja sama tersebut dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu kerja sama bilateral dan kerja sama multilateral. Kerja sama bilateral ialah bentuk kerja sama yang diikuti oleh dua Negara, sedangkan kerja sama multilateral ialah kerja sama yang diikuti banyak Negara. Adapun tujuan kerja sama ekonomi antarnegara ialah (a) saling mengisi kekurangan antarnegara dibidang ekonomi, (b) meningkatkan perekonomian negara - negara dibidang keuangan atau moneter, perdagangan, perindustrian pertambangan, perbankan, pertanian atau peningkatakn bahan makanan, jasa, dan pembangunan pada umumnya, (c) meningkatkan taraf hidup umat manusia sedunia, (d) mempererat persahabatan antarnegara.
Organisai badan kerja sama ekonomi internasional terdiri dari (a) International Monetary Fund (IMF) badan kerja sama intensional ini mulai bekerja pda tahun 1947 dan bekerja sebagai organisasi di bawah naungan Dewan Ekonomi dan Sosial PBB, Indonesia menjadi anggotasejak tahun 1954. (b) International Bank For Reconstruction and Development (IBRD) atau biasa di sebut dengan bank dunia yang berdiri pada bulan juli 1944 di bentuk atas perjanjian Bretton Woods, Indonesia menjadi anggota sejak tahun 1954. (c) Word Trade Organization (Wto) yang berdiri secara resmi sejak tanggal 1 Januari 1993. (d) Food and Agricultural Organization (FAO) yang berdiri pada tanggal 16 Oktober 1945. (e) International finance corporate (IFC) berdir pada tanggal 24 juli 1956, Indonesia menjadi anggota sejak tahun 1958. (f) Intenational Development Association (IDA) berdiri pada tanggal 24 desember 1960, Indonesia menjadi anggota sejak tahun 1968. (g) Organization Petroleuan Exporting Countries (OPEC) berdiri pada atnggal 14 september 1960, Indonesia resmi menjadi anggota pada tahun 1962. (h) Consultative Group On Indonesia (CGI) berdiri sejak tahun 1992.
Badan kerja sama ekonomi regional, badan kerja sama ekonomi regional antara lain : (a) ASEAN adalah organisasi kerja sama negara- negara di Asia tenggara yang berdiri pada tanggal 8 agustus 1967 di Bangkok. Indonesia dalah salah satu Negara pendiri asean. Untuk menjalankan organisasi ASEAN didirikan sekretariat tetap yang berkedudukan di Jakarta. (b) Rencana Kolombo ( Colombo plan ) di dirikan pada tahun 1950. Indonesia banyak menerima bantuan dari Colombo plan. Bantuan itu dimanfaatkan untuk pembangunan di berbagai bidang. (Setiawan Asman Zainudin)



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com