Breaking News

Trending Template

Sondag 13 Oktober 2013

POTENSI WILAYAH KAUKES (BOKAN)




POTENSI WILAYAH KAUKES  (BOKAN)  




          Kaukes (Bokan) adalah wilayah kepulauan yang terdapat di Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Selawesi Tengah. Kaukes merupakan sebahagian dari pulau-pulau terkecil yang terdapat di kabupaten Banggai Kepulauan. Sebagai Wilayah Kepulauan  Kaukes memiliki kekayaan bahari yang melimpah serta sangat diperhintungkan di kabupaten Banggai Kepulauan. Kekayaan laut yang begitu melimpak menambah aroma wangi diantara pulau-pulau yang lain. Kekayaan inilah membuat sebagian besar masyarakat Kaukes berprofesi sebagai nelayan sehingga dengan pengahasilan sebagai nelayan ini kebutuhan hidup tercukupi serta dapat menyekolahkan anak-anak mereka kejenjang yang lebih tinggi. Laut bagi  masyarakat Kaukes merupakan karunia Tuhan yang harus di Syukuri serta dijaga dan dikelolah dengan baik.
             Sebagian diantara mereka adalah Petani yang merangkap menjadi Nelayan. Disaat Lahan Pertanian tidak membutuhkan banyak tenaga, mereka biasanya melaut mencari ikan.Andalan hasil Perkebunan diwilayah ini adalah Kelapa, Kakao,Jambu Mente yang dihasilkan diseluruh Desa karena Kaukes (Bokan) belum ada Industri Pengolahan yang mampu merangkap hasil Perkebunan tersebut.

          Seperti halnya Kelapa, setelah dikeringkan dalam bentuk Kopra dikirim keLuwuk dan di Banggai, di Kabupaten Induk terdapat Pabrik Minyak Goreng yang membutuhkan bahan baku Kopra, sebagian dikirim ke Surabaya untuk keperluan yang sama.
 
          Cengkeh yang dulu menjadi Pundi-pundi Uang Petani jadi terpuruk. Cengkeh kering perkilogram dihargai senilai  140-100 ribu rupiah. Tanaman Pangan terhadap Perekonomian cukup berarti untuk mencukupi Kebutuhan Pangan terutama beras, dimana beras harus di import dari negara-negara luar.

          Sebagai Wilayah Kepulauan Angkutan Laut sangat dibutuhkan, apalagi Kapal besar yang bisa menyangkut hasil Bumi ke Propinsi atau pulau lain. Keberadaan Kapal tersebut sangat membantu Perekonomian Masyarakat Kaukes (Bokan)  itu sendiri.   
Setiawan A.Zainudin  
(Jangan Lupa Jempolnya/like)


        

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com