Breaking News

Trending Template

Sondag 12 Mei 2013



Muslim sejati adalah seorang muslim yang menjalankan keislamannya dengan sepenuhnya dalam seluruh aspek kehidupan, tidak setengah-setengah [QS. Al-Baqarah (2): 208], dan senantiasa menjaga imannya hingga akhir hayat [QS. Ali-Imran (3): 102]. Keislaman seorang mu'min diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari di manapun, kapanpun, dan dalam posisi (amanah) apapun yang menjadi tanggungjawabnya. Sehingga, sangat penting untuk memahami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai Islam yang benar dan berkesinambungan, agar seorang muslim memiliki kepribadian muslim sejati.

Pemimpin
Selama ini banyak sekali kekeliruan pemahaman tentang arti kepemimpinan. Umumnya orang melihat pemimpin adalah sebuah keududukan atau sebuah posisi semata. Sehingga banyak orang berupaya dengan berbagai cara (halal ataupun haram) menjadi "pemimpin", seperti presiden, direktur, ketua, komandan, pimpinan, bos, dan berbagai sebutan lainnya. Akibatnya, ada pemimpin yang dicintai, namun tak sedikit pemimpin yang dibenci.
Secara umum, pemimpin adalah orang yang memiliki kemampuan mengarahkan orang lain, memanajemen sistem dan aturan, mengatasi masalah, kreatif, imjinatif, produktif, dan menjadi panutan untuk diteladani.

Semua Orang adalah Pemimpin
Ribuan orang mengharap dirinya menjadi atau sekedar disebut sebagai pemimpin. Mereka tak pernah merasa bahwa sebenarnya dirinya adalah seorang pemimpin. Saat seorang anak menjadi ketua kelas, maka dia adalah seorang pemimpin. Ketua RT pemimpin bagi warganya, guru pemimpin bagi muridnya, bahkan ibu adalah pemimpin bagi anak-anaknya. Semua orang pemimpin di lingkungannya masing-masing, besar atau kecil pengikutnya. Lebih utama lagi, manusia adalah pemimpin bagi dirinya sendiri. Kemampuan seseorang memimpin diri sendiri, akan mengarahkan hidupnya menjadi benar atau salah.

"Setiap kamu adalah pemimpin, dan kamu bertanggungjawab terhadap kepemimpinan itu"
HR. Tirmidzi, Abu Daud, Shahih Bukhari, Shahih Muslim

Pemimpim adalah Pengaruh
Saat seseorang memberi nasehat atau sebuah cerita, anda akan mengingatnya, dan itu adalah sebuah pengaruh. Sedikit atau banyaknya suatu nasehat, cerita, tindakan, atau perilaku yang mengubah cara berpikir dan hidup anda, maka itu adalah hasil pengaruh. Sebaliknya, anda pun memberi pengaruh kepada orang lain melalui sikap, perkataan, dan perbuatan. Baik cara anda dalam hidup, baik pula hasil yang didapatkan. Buruk cara anda dalam hidup, buruk pula hasil yang akan anda dapatkan. Hal ini bergantung pada prinsip hidup anda.
Orang yang memiliki prinsip teguh dalam hidup (positif ataupun negatif) akan memiliki pengaruh yang kuat, biasanya akan menjadi seorang pemimpin yang besar (baik ataupun buruk), dan dikenang sepanjang masa. Sejarah membuktikan, prinsip yang benarlah yang akan menciptakan pemimpin sejati.

"Hendaklah kamu berpegang pada kebenaran, karena sesunggunya kebenaran itu memimpin pada kebaikan,
dan kebaikan itu membawa ke syurga (kebahagiaan). Dan hendaklah seseorang itu bersifat benar dan memilih kebenaran hingga ia tertulis di sisi Allah sebagai orang yang sangat benar, dan hendaklah kamu menjauhi kedustaan, karena sesungguhnya kedustaan itu memimpin pada kedurhakaan, dan kedurhakaan membawa ke neraka (kehancuran), dan janganlah seseorang tetap berdusta dan memilih kedustaan
hingga tertulis di sisi Allah sebagai pendusta" HR. Bukhari, Muslim.

Untuk itu, setiap muslim haruslah berprinsip teguh dalam Islam, dan berkeyakinan bahwa ia adalah seorang pemimpin.

"Dan diantara orang-orang yang Kami ciptakan ada umat (muslim) yang memberi petunjuk*
dengan haq (benar), dan dengan haq itu mereka menjalankan keadilan" QS. Al-A'raaf (7): 181

" …Sesungguhnya Aku (Allah Swt) hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi…"
QS. Al-Baqarah (2): 30

"Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyeru kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung"
QS. Ali-Imran (3): 104

Kemanakah kita (sebagai seorang muslim) seharusnya meniru, mencontoh, dan mengidolakan sosok pemimpin? Tentu kepada teladan utama manusia, teladan utama muslim, Rasulullah Muhammad Saw.

"Sesungguhnya pada diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah"
QS. Al-Ahzab (33): 21

Tangga Kepemimpinan
Setiap pemimpin memiliki pemikiran, kerja, dan tindakan, dan hal itulah yang akan menjadi nilai bagi derajat seseorang di mata Allah maupun di mata manusia.

Dan masing-masing manusia memperoleh derajat, sesuai dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tiada lalai akan apa yang manusia kerjakan" QS. Al-An'aam (6): 132

Kepemimpinan seseorang akan tercatat dalam sejarah sebagai pemimpin yang dicintai, dipercaya, mendidik, berkepribadian, dan abadi, atau sebagai pemimpin yang dibenci dan dilupakan.

§  Pemimpin yang dicintai: penuh kasih, lemah lembut, penyayang.

"Dan dia  termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar
dan saling berpesan untuk kasih sayang" QS. Al-Balad (90): 17

§  Pemimpin yang dipercaya: amanah, jujur, tak berkhianat

"Dia-lah yang menjadikan kamu khalifah-khalifah di muka bumi. Barangsiapa yang ingkar (kafir),
maka keingkarannya menimpa kepada dirinya sendiri. " QS. Faathir (35): 39

§  Pemimpin yang mendidik: shaleh, beramal, memberi ilmu pengetahuan

“Dan orang yang membawa kebenaran (Muhammad), dan orang yang mengakui (kebenaran) itu,
mereka itulah orang-orang yang taqwa” QS. Az-Zumar (39): 33

§  Pemimpin yang berkepribadian: teguh pendirian, pemberani

"Jawaban orang yang beriman bila diseru kepada Allah dan RasulNya, agar (Rasul) mengadili mereka, hanyalah bahwa mereka berkata: “kami mendengar dan kami taat. Mereka inillah orang-orang yang beruntung"
QS. An-Nuur (24): 51

§  Pemimpin yang abadi: di kenang sepanjang masa

“Kamu (Muhammad) sungguh memiliki budi pekerti yang agung”
QS. Al-Kalam (68): 4

Pemimpin Sejati
Pemimpin sejati adalah seorang yang selalu mencintai dan memberi perhatian kepada orang lain, sehingga ia dicintai. Memiliki integritas yang kuat, sehingga dipercaya. Selalu mendidik dan mengajari orang lain dengan cara baik dan bijaksana. Memiliki kepribadian yang yang kuat dan konsisten. Dan yang terpenting adalah memimpin dengan suara hati yang fitrah, yang bersumber dari Allah Swt dan Rasulullah Saw.
Pemimpin sejati memiliki akhlak islami, sebagai karakter seorang muslim sejati:
v  As-Shiddiq (kejujuran):
      Menghindari dusta, mengungkapkan yang benar.
v  Al-Amanah (memegang teguh amanah):
      Tidak khianat, disiplin.
v  Al-Mas'uliyah (rasa tanggungjawab):
      Menyelesaikan pekerjaan hingga selesai.
v  At-Tawadhu (rasa rendah hati)
      Tidak angkuh bila benar, lapang dada menerima nasehat bila salah.
v  Al-Karam (sifat pemurah):
      Senantiasa menolong, bersedekah
v  Asy-Syaja'ah (sifat pemberani):
      Percaya diri, yakin pada kemampuan, optimis.
v  Al-Haya' (sifat malu):
      Memahami kekurangan, sopan, santun.

Seorang pemimpin sejati adalah pemimpin yang baik hubungannya kepada Allah Swt, Rasulullah Saw, manusia, lingkungan sekitar, dan pribadinya.

"Sembahlah Allah dan jangan kamu mempersekutukanNya dengan sesuatupun, dan berbuat baiklah kepada kedua ibu bapak, karib kerabat, anak-anak yatim, orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, teman sejawat, ibnu sabil (orang yang dalam perjalanan atau anak yatim yang tidak diketahui ibu bapaknya), dan hamba sahayamu (orang yang dipekerjakan atau dalam tanggungjawab).
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri" QS. An-Nisa (4): 36-37

"Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong)
dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh.
Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri" QS. Luqman (31): 18

Lihat Pula: QS. Al-Baqarah (2): 177. QS. Ali Imran (3): 133-134. QS. Al-Mu'minun (23): 1-5.
QS. Al-Mu'minun (23): 8-9. QS. Al-Furqaan (25): 63, 67

JADILAH PEMIMPIN TERBAIK BAGI DIRIMU,
SEBELUM MENJADI PEMIMPIN BAGI ORANG LAIN

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com