Breaking News

Trending Template

Donderdag 23 Mei 2013

LANDASAN TEORI & PENGUJIAN HIPOTESIS




KONSEP DASAR PENILITIAN BISNIS
  1. Pengertian Metode Penelitian
Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Cara ilmiah brarti kegiatan penelitian itu didasrkan pada ciri-ciri keilmuan yaitu rasional, empiris, dan sistematis. Rasional berarti kegiatan panelitian itu di lakukan dengan cara-cara yang masuk akal sehingga terjangkau oleh penalaran manusia. Empiris berarti cara-cara yang dilakukan  dapat di amati oleh indra manusia, sehingga orang lain dapat mengamati dan mengetahui cara-cara yang  digunakan. Sistematis artinya proses yang di gunakan dalam penilitian itu menggunakan langkah-lankah tertntu yang bersifat logis.
  1. Jenis-Jenis Penilitian
Jenis-jenis penilitian dapt dikelompokan menurut, tujuan, pendekatan, tingkat ekplanasi dan jenis data. 
ü  Penilitian menurut tujuan
Penilitian dasar bertujuan untuk mengmbangkan teori dan tidak memperhatikan kegunaan yang langsung bersifat praktis. Penilitian dasar pada umumnya dilakukan pada labolatorium yang kondisinya terkontrol dengan kepat. Penilitian trepan di lakukan dengan tujuan  menerapkan, menguji dan mengevaluasi kemampuan suatu teori yang diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah praktis
ü  Penilitian menurut metode
Penelitian menurut metode dapat dikelompokan manjadi :
1.    Penilitian survey
Penilitian survey pada umumnya dilakukan untuk mengambil suatu generalisasi dari pengamatan yang tidak mendalam.
2.    Penilitian ex post faco
Ialah suatu penilitian yang di lakukuan untuk meniliti peristiwa yang telah terjadi dan kemudian merunut kebelakang untk mengetahui factor-faktor yang dapat menimbulkan kejadian tesebut.
3.    Penilitian eksperimen
Ialah suatu penilitian yang berusaha mencari pengaruh variable tertentu terhaap variable yang lain dalam kondisi terkontrol scara ketat. Trdapat tiga bentuk metode eksperimen ialah :
Ø    Pre experimental
Ø    True eksperimental factorial
Ø    Quasiexperimental
4.    Penilitian naturalistic
Ialah suatu metode penilitian yang digunakan untuk meniliti pada kondisi obyek alamiah ( sebagai lawanya adalah eksperimen ) dimana peniliti adalah sebagai instrument kunci.
5.    Policy research (penilitian policy)
Policy research ( pengunaan metode penelitian kebijakn di mulai karena adanya masalah dan masalah lain ini pada umumnya di miliki oleh para administrator/ manajer atau para pengambil keputusan pada suatu organisasi.

  1. Peneliatian Menurut Tingkat Ekpalanasinya
a.    Penelitian deskkriyif
Ialah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variable mandiri, baik satu variabl atau lebih tanpa membuat perbandingan, atau menghubungkan dengna variable yang lain.
b.    Penelitian komperatif
Ialah suatu penelitian yang bersifat  membandingkan. Diisni variable masio sama dengan penelitian variable mandiri tetapi untuk sampel yang lebih dari satu artau dalam waktu yang berbeda.
c.     Penelitian asosiatif/ hubungan
Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variable atau lebih.
  1.  Macam- Macam Penelitian
Macam- macam data dalam penelitian ditunjukkan pada gambar berikut :
 




                                                                                                                                           
 Macam data ada dua yaitu data kunatatif dan data kuantitatif. Data kuantatif adalah data yang di nyatakan dalam bentuk kata, kalimat,m dan gambar. Data kuantitatifd adalah data yang berbentuk angka atau data.
  1. Proses Penelitian
Penelitian kuantitatif didasarkan pada paradikma positive yang bersifat logico- hypotheco- vertifikatif dengan berlandaskan pada asumsi mengenai obyek empiris ( Juju Susiasumanrti 1987). Asumsi pertama bahwa obyek/ fenomena dapat di klasifikasikan menurut sifaf, jenis, struktur, bentuk, warna dan sebagainya. Berasarkan asumsi nin maka peneliti dapat memfokuskan penelitiannya pada sebagaian dari konsteks bisnis yang berupah variable tertentu dari suatu obyek penelitian ynag menjadi masalah.
                        Sebenarnya Penelitian Kuantitatif Juga Mengakui bahwa semua sifat pada diri seseorang ( kepribadian, bakat, gaya kepemimpinan dll ) tidak dapt di pisahkan. Tetapi pada dirinya seseorang akan mempunyai modus tertentu dalam sifatnya, misalnya si A, motivasi kinerja tinggi tetapi gaya kemimpinann, kemampuan, dan hubungna dengan orang lain kurang baik.


Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com