TANGGUNG JAWAB PERUSAHAAN KEPADA KONSUMEN
Dalam dunia perdagangan dan industri, konsumen adalah rajanya. Apabila sebuah perusahaan ingin sukses menjual produknya, mereka harus mampu memikat hati konsumen. Hal tersebut dilakukan perusahaan dengan cara :
• Memberikan harga yang sesuai dengan kualitas barang yang dijual (tidak ada penipuan).
• produk yang dijual dijamin sehat dan tidak memberikan efek negatif bagi kesehatan konsumen.
• Memberikan diskon dan garansi pada produk yang dijual.
Di dalam sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar maupun perusahaan kecil, dalam peningkatan kualitas hasil produk diperlukan adanya tanggung jawab sosial baik itu terhadap konsumen maupun lingkungan disekitar tempat usaha.
Tanggung jawab sosial atau dalam bahasa inggrisnya Corporate Social Responsibility adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya perusahaan memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.
Perusahaan sebagai pelaku bisnis harus memperhatikan berbagai aspek khusus yang dijalankan untuk menarik konsumen, seperti membentuk citra sebagai pembentuk kualitas pada produk. Selain itu, perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap konsumen-konsumen, seperti :
• Memberikan garansi ketika ada kerusakan sebelum masa garansi habis;
• Menyediakan barang dan jasa yang berkualitas;
• Memberikan informasi yang benar mengenai barang dan jasa yang akan dijual;
• Memberikan harga produk dan jasa yang adil dan wajar.
Dengan memberikan pelayanan yang memuaskan dan hasil produk yang dijaga kualitasnya, maka akan memberikan dampak tersendiri bagi konsumen. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila pelayanan yang memuaskan dan hasil produk yang berkualitas dapat diberikan oleh perusahaan kepada konsumen.
Selain memiliki tanggung jawab terhadap konsumen, perusahaan juga memiliki tanggung jawab terhadap lingkungan sekitar,mengingat lingkungan juga merupakan komponen penting untuk memajukan sebuah perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan dituntut untuk ramah lingkungan. Bentuk tanggung jawabnya seperti :
• Membuang limbah pada tempat yang seharusnya;
• Meminimalisir limbah perusahaan yang dapat mencemari lingkungan sekitar;
• Kebersihan peralatan yang dipakai dan tidak merugikan masyarakat disekitar perusahaan;
• Perusahaan memberikan solusi untuk mendaur ulang limbah yang bisa di usahakan sehingga sisa bahan produk tidaj terbuang percuma.
Diharapkan perusahaan dapat lebih berkembang dan maju dengan memperhatikan lingkungan sekitar serta memberikan pelayanan yang prima dan memuaskan.
Suatu perusahaan yang menjalankan usahanya di lingkungan masyarakat, sedikit banyak akan menimbulkan berbagai dampak. Baik itu dampak negative maupun positif. Dan setiap perusahaan harus memiliki tanggung jawab terhadap setiap kegiatan yang dijalankannya. Setiap perusahaan memiliki tanggung jawab social terhadap masyarakat dan lingkungan. Untuk merealisasikan bentuk tanggung jawab tersebut, setiap perusahaan memiliki cara yang berbeda-beda. Berikut adalah berbagai bentuk realisasi dari tanggung jawab suatu perusahaan:
1. Melakukan kegiatan social di lingkungan masyarakat. Dapat berupa pemberian pengobatan gratis, memberikan pelatihan kepada masyarakat sekitar, mengadakan kegiatan donor darah, dan bantuan lain yang berguna bagi masyarakat.
2. Mendaur ulang limbah sebelum dibuang, sehingga pencemaran lingkungan bisa dihindari.
3. Tidak melakukan eksploitasi sumber daya secara berlebihan.
4. Memanfaatkan sumber daya manusia yang berasal dari masyarakat sekitar.
5. Membantu dalam pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana yang berguna bagi masyarakat sekitar, bangsa dan Negara.
6. Memberikan pelayanan terbaik terhadap konsumen.
7. Dan lain-lain
Masih banyak lagi kegiatan yang dapat dilakukan suatu perusahaan untuk mewujudkan bentuk tanggung jawab.
DAFTAR PUSTAKA
http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan
http://fe.wisnuwardhana.ac.id/index.php?option=com_content&view=article&id=24:etika-
http://buggzilla.wordpress.com/2012/10/14/tanggung-jawab-sosial-perusahaan
Jangan Lupa Jempolnya/ Like
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking