Breaking News

Trending Template

Saterdag 30 November 2013

AKUNTANSI JIWA KAMI








AKUNTANSI JIWA KAMI
Selama akan ada manusia di dunia ini, pasti akan ada bisnis, dan selama ada bisnis, akan ada akuntansi. Akuntansi terlibat dalam hampir segala sesuatu dalam hidup kita apakah kita tahu atau tidak, dan pentingnya kadang-kadang bisa dilupakan. Semuanya kebutuhan akuntansi. Dari baju yang kita pakai, untuk makanan yang kita makan, ke perusahaan tempat kita bekerja, atau bahkan musik yang kita dengar di radio ataupun ipod, akuntansi dibutuhkan dan terlibat dalam semua hal langkah-langkah produksi atau operasi. Sepanjang perekonomian menggunakan uang (Money) sebagai alat pembayaran maka peran akuntansi selalu krusial karena akuntansi mencatat peristiwa bisnis yang bersifat keuangan.  
Dalam berbagai aktivitas kehidupan kita sangat bergantung pada keandalan akuntansi. Misalnya, ketika kita melakukan pengambilan uang tunai di ATM (anjungan tunai mandiri) maka sebenarnya kita memerintahkan bank melakukan pencatatan akuntansi. Pengambilan uang tunai tersebut menyebabkan uang tunai di bank berkurang, dan saldo rekening kita di bank juga berkurang sebesar nilai rupiah yang kita sebutkan., apa yang terjadi jika bank mengurangi saldo rekening kita lebih banyak dibanding dengan jumlah rupiah yang kita terima? Kita tentu akan menanyakan permasalahan tersebut ke bank, dan segera menutup rekening kita karena hal tersebut mencerminkan bahwa akuntansi bank tersebut tidak dapat diandalkan. Organisasi bisnis yang disebut perusahaan bahkan menggunakan akuntansi sebagai bahasa untuk memperlancar kegiatan operasional, membuat keputusan bisnis, maupun untuk mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas manajer. Akuntansi juga lazim digunakan untuk membandingkan prestasi kerja suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya. Oleh karena itu perusahaan menggunakan akuntansi sebagai bahasa bisnis (Accounting is the business language). singkat kata, akuntansi ada di mana mana dan bermanfaat dalam kehidupan sehari- hari baik bagi individu maupun bagi organisasi.
Akuntansi terlibat dalam hampir segala sesuatu dalam hidup kita apakah kita tahu atau tidak, dan pentingnya kadang-kadang bisa dilupakan. Semuanya kebutuhan akuntansi. Dari topi baseball yang Anda pakai, untuk makanan yang Anda makan, ke perusahaan tempat Anda bekerja, atau bahkan musik yang Anda dengar di radio, akuntansi dibutuhkan dan terlibat dalam semua hal langkah-langkah produksi atau operasi.

Sebuah tindakan akuntan, agregat dan laporan informasi keuangan yang diperlukan untuk kepentingan pengambilan keputusan oleh manajer organisasi, pemilik, investor, instansi pemerintah dan pengguna lainnya. Tepat waktu dan akurat informasi mengenai operasi sangat penting untuk keberhasilan pada hari-hari baru-baru ini lingkungan bisnis berubah dengan cepat, dan akuntan adalah yang bertanggung jawab untuk fungsi bisnis kritis yang sebagian besar meskipun secara tidak langsung mempengaruhi karir kita dan kehidupan sehari-hari.
Dalam kehidupan seseorang, bisa dikatakan akuntansi akan mempromosikan gaya hidup yang lebih baik. Pengelolaan dan pengendalian keuangan pribadi adalah subjek penting besar hari ini untuk orang. Dalam dunia yang kita hidup di hari ini, hampir tidak ada satu orang pun yang hidup tanpa utang tunggal dalam hidup mereka. Hutang mulai dari kartu kredit, cicilan mobil, hipotek, dan sebagainya, seseorang dapat menemukan diri mereka terjebak dalam kesulitan ekonomi yang dalam beberapa kasus menghancurkan hidup dan telah menjadi panggilan bangun tidur bagi banyak orang. Tidakkah baik jika kita tahu persis di mana peningkatan dan penurunan yang datang dan pergi. Banyak dari kita menghabiskan tanpa banyak berpikir tentang dampak dari tindakan. Hal ini penting untuk tahu proporsi yang dibelanjakan untuk kebutuhan dasar dan kemewahan dan bagaimana untuk memiliki keseimbangan yang tepat di seluruh pengeluaran kita. Hidup tidak semudah berkendara di jalan dengan lampu lalu lintas dan tanda-tanda sepanjang jalan, tapi kita masih perlu sinyal keuangan dalam kehidupan kita apakah kita berada dalam fase nyaman atau pada tahap bahaya yang membutuhkan bantuan. Akuntansi dapat membantu orang mendeteksi bahaya ini. Jika tidak banyak, setidaknya dapat lakukan adalah memastikan bahwa hutang Anda berada di bawah kontrol dan dikelola.
Balance atau yang lebih sering kita dengar dalam sebuah istilah bahasa indonesia yaitu seimbang, sering menimbulkan problem dalam sebuah proses akuntansi. Balance untuk sebuah proses akuntansi adalah proses perhitungan dengan menunjukkan nilai yang sama dalam sisi kolom debit (kiri) dan kredit (kanan). Namun, balance yang saya bahas bukan pengertian khusus dalam sebuah pengertian akuntansi. Balance yang saya maksud adalah keseimbangan hidup. Ketika berbicara masalah keseimbangan hidup, yang terlihat dari sudut pandang saya adalah sebuah keseimbangan lahir dan batin. Keseimbangan lahir berkaitan dengan pekerjaan, keluarga dan masyarakat sedangkan Keseimbangan batin berkaitan dengan hati dan hubungan kita dengan Tuhan.
Keseimbangan lahir mungkin lebih terlihat dalam kehidupan kita di dunia. Ketika anda sibuk dengan pekerjaan dan tugas anda, akan timbul sebuah keseimbangan bila anda mampu membagi waktu dengan tepat untuk menyelesaikanya. Ketika kita sibuk dalam sebuah masyarakat dan organisasi, akan timbul sebuah keseimbangan bila anda mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan anda menjadi pribadi yang ramah dan disukai banyak orang. Begitu juga ketika berada dalam sebuah keluarga, bagaimana kita menerapkan peran kita dalam keluarga sangatlah penting. sebagai contoh seorang kakak yang mampu memberikan teladan yang baik untuk adiknya juga menciptakan sebuah keseimbangan dalam keluarga.
DAFTAR PUSTAKA



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com