Breaking News

Trending Template

Maandag 03 Junie 2013

SOAL & JAWAB MASLAH PEREKONOMIAN INDONESIA



1.  Jelaskan yang dimaksud dengan uang, perdagangan dan splialisasi dalam kegiatan perekonomian…..?
Jawab : uang adalah suatu alat untuk mempermudah pembayaran /tukar yang berlaku secara umum di masyarakat. Perdagangan ialah
Spelialisasi dalam kegiatan perekonomian yang merupakan  Indeks Spesialisasi Perdagangan (ISP) digunakan untuk  menganalisis posisi atau tahapan perkembangan suatu produk. ISP ini dapat menggambarkan apakah untuk suatu jenis produk, Indonesia cenderung menjadi negara eksportir atau importir.
Indeks ISP tersebut juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi tingkat pertumbuhan suatu komoditi dalam perdagangan yang terbagi ke dalam 5 tahap sebagai berikut :
a.   Tahap Pengenalan.
b.  Tahap Subtitusi Impor.
c.   Tahap Pertumbuhan.
d.   Tahap Kematangan.
e.   Tahap kembali mengimpor.
2.  Sebutkan dan jelaskan pelaku- pelaku kegiatan perekonomi di Indonesia…..?
Jawab : Pada dasarnya pelaku ekonomi terbagi menjadi dua ialah pelaku pertama  yang menjadi subjek ekonomi adalah manusia itu sendiri.kedua adalah badan- badan ( organisasi ) yang terlibat dalam kegiatan perekonomian, seperti perusahaan- perusahaan, toko, organisasi masyarakat, dan sebagainya.

3.  Uraikan pula bagaimana sirkulasi aliran pendapatan dalam perekomian Indonesia…..?
Jawab : Pada dasarnya sirkulasi aliran pendapatan yang digambarkan dalam analisis makro ekonomi menunjukkan interaksi diantara sektor perusahaan dengan sektor- sektor yang menjadi pembeli barang-barang yang d iproksikan sektor perusahaan. Aliran pendapatan timbul sebagai akibat dari :
a.         Penggunaan faktor-faktor produksi yang dimiliki rumah tangga.
b.        Aliran pajak dan pungutan pemerintah yang lain. 
Sedangkan aliran pembelanjaan timbul sebagai akibat pembelian-pembelian atas barang dan jasa yang dihasilkan sektor perusahaan oleh rumah tangga pemerintah dan penduduk luar negeri.
4.  Uraikan yang dimaksud mekanisme pasar, kegagalan pasar, dan campur tanggan pemerintah….?
Jawab :  Mekanisme pasar : Pada prinsipnya mekanisme pasar diartikan bahwa harga bergerak bebas sesuai hukum permintaan dan penawaran (supply and demand). Jika suplai lebih besar dari demand, maka harga akan cenderung rendah. Begitupun jika demand lebih tinggi sementara suplai terbatas, maka harga akan cenderung mengalami peningkatan, Di atas kertas, hukum pasar tersebut begitu valid. Akan tetapi, dalam implementasi sehari-hari kita tidak pernah tahu secara pasti apakah harga yang terbentuk di pasar memang berjalan sesuai dengan mekanisme pasar yang wajar, tidak ada unsur intervensi, tidak ada unsur permainan oleh sekelompok kekuatan tertentu yang membentuk kartel dan sebagainya. Kegagalan pasar : Kegagalan pasar terjadi karena pasar bebas tidak memberikan efisiensi pada perekonomian. Penyebab terjadinya kegagalan pasar antara lain: tersedianya fasilitas umum sehingga sektor swasta tidak tertarik untuk mengelolanya karena tidak mendapatkan keuntungan; persaingan tidak sempurna yang terjadi karena suatu perusahaan mengambil keuntungan dari kekuatan pasar yang dimiliki; informasi asimetris yang terjadi karena suatu perusahaan memiliki informasi yang lebih baik dibandingkan perusahaan lainnya pada sektor atau industri yang sama. Untuk mencegah terjadinya kegagalan pasar, salah satunya adalah dengan campur tangan pemerintah melalui: pajak dan subsidi; produksi sektor swasta, penetapan undang-undang mengenai antitrust; dan regulasi pemerintah. Campur tangan pemerintah :  Sistem ekonomi campuran merupakan perpaduan antara sistem kapitalis dan sistem sosialis, yang mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian, yang berarti juga garis tengah antara peran mutlak negara/kolektif dan peran menonjol individu. Garis tengah disesuaikan dengan keadaan di mana perpaduan itu terjadi, sehingga peran situasi dan lingkungan sangat memberi warna pada sistem perpaduan/campuran tersebut.
5.  Sebutkan dan jelaskan teori nilai guna (ultility)……?
Jawab :  Nilai guna (utility) adalah kepuasan yang diperoleh konsumen / seseorang dari mengkomsumsi suatu barang. Nilai guna (utility) terbagi menjadi 2 yaitu:
a.    Nilai Guna Total (total utility) adalah jumlah seluruh kepuasn yang diperoleh dari mengkomsumsi sejumlah barang
b.   Nilai Guna Marginal (marginal utility) adalah tambahan penggunaan dari penambahan 1 unit barang yang di konsumsi.
6.  Sebutkan dan jelaskan yang dimaksud monopoli, persaingan sempurna, dan ologopoli….?
Jawab : Pasar Monopoli (dari bahasa Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis".Pasar Persaingan Sempurna ialah merupakan Jenis pasar persaingan sempurna terjadi ketika jumlah produsen sangat banyak sekali dengan memproduksi produk yang sejenis dan mirip dengan jumlah konsumen yang banyak.Sifat-sifat pasar persaingan sempurna ialah Jumlah penjual dan pembeli banyak, Barang yang dijual sejenis, serupa dan mirip satu sama lain, Penjual bersifat pengambil harga (price taker)
Harga ditentukan mekanisme pasar permintaan dan penawaran (demand and supply).   
Pasar Ologopoli ialah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti, industri semen, industri mobil, dan industri kertas.
7.  Sebutkan ciri- ciri pasar oligopoli….?
 Jawab : Adapun ciri- cirinya ialah :
Ø  Menghasilkan barang standar atau barang yang berbeda- beda.
Ø  Kekuaasan menentukan harga ada kalanya lmah dan ada kalanya sangat kuat.
Ø  Pada umumnya perusahaan ologopoli perlu melakukan promosi secara iklan.
8.   Uraikan yang di maksud dengan kemiskinan dan kesenjangan….?
Jawab : Kemiskinan adalah keadaan dimana terjadi ketidakmampuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti makanan , pakaian , tempat berlindung, pendidikan, dan kesehatan. Kemiskinan dapat disebabkan oleh kelangkaan alat pemenuh kebutuhan dasar, ataupun sulitnya akses terhadap pendidikan dan pekerjaan. Kemiskinan merupakan masalah global. Sebagian orang memahami istilah ini secara subyektif dan komparatif, sementara yang lainnya melihatnya dari segi moral dan evaluatif, dan yang lainnya lagi memahaminya dari sudut ilmiah yang telah mapan. kesenjangan sosial adalah "jarak" yang terjadi ditengah-tengah masyarakat disebabkan oleh perbedaan status sosial, maupun status ekonomi yang ada ditengah-tengah masyarakat. Dari definisi dapat di uraikan bahwa Kesenjangan yang terjadi ditengah-tengah masyarakat adalah disebabkan oleh adanya perbedaan yang mencolok antara satu individu dengan individu yang lain. Atau antara satu kelompok masyarakat dengan kelompok masyarakat yang lain.
   
9.  Jelaskan bagaimana peran kebijakan moneter dalam pembangunan kebijakan moneter..?
      Jawab : Secara teoritis maupun empiris, dalam jangka panjang kebijakan moneter hanya berpengaruh pada inflasi. Dalam jangka pendek, kebijakan moneter yang ekspansif memang dapat digunakan untuk memberikan stimulus pada perekonomian, terutama jika kebijakan moneter tidak diantisipasi oleh pelaku pasar. Namun, dalam jangka panjang, ketika kebijakan moneter tersebut telah dirasakan oleh masyarakat melalui kenaikan inflasi, yang terjadi adalah ekspektasi inflasi masyarakat semakin meningkat dan pertumbuhan ekonomi bahkan mengalami penurunan. Dalam istilah Friedman, “There is no longrun tradeoff between inflation and unemployment”.

10.        Jelaskan apa yang dimaksud kapitalis, sosialis dan ekonomi campuran..?
Jawab : Kapitalisme atau Kapital adalah suatu paham yang meyakini bahwa pemilik modal bisa melakukan usahanya untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Demi prinsip tersebut, maka pemerintah tidak dapat melakukan intervensi pasar guna keuntungan bersama, tapi intervensi pemerintah dilakukan secara besar-besaran untung kepentingan-kepentingan pribadi. Walaupun demikian, kapitalisme sebenarnya tidak memiliki definisi universal yang bisa diterima secara luas. Istilah sosialisme atau sosialis ialah dapat mengacu ke beberapa hal yang berhubungan dengan ideologi atau kelompok ideologi, sistem ekonomi, dan negara. Istilah ini mulai digunakan sejak awal abad ke-19. Dalam bahasa Inggris, istilah ini digunakan pertama kali untuk menyebut pengikut Robert Owen pada tahun 1827. Sistem ekonomi campuran ialah merupakan perpaduan antara sistem kapitalis dan sistem sosialis, yang mengambil garis tengah antara kebebasan dan pengendalian, yang berarti juga garis tengah antara peran mutlak negara/kolektif dan peran menonjol individu.



Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking

Designed By VungTauZ.Com