A.
Tugas dan
Tanggung Jawab Guru PAI
1.
Tugas guru PAI
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal
27 ayat 3 dikemukakan bahwa guru adalah tenaga pendidik yang khusus diangkat
dengan tugas utama mengajar. Di samping itu, ia mempunyai tugas lain yang
bersifat pendukung, yaitu membimbing dan mengelola administrasi sekolah. Tiga
tugas ini mewujudkan tiga layanan yang harus diberikan oleh guru kepada pelajar
dan tiga peranan yang harus dijalankannya. Tiga layanan yang dimaksud ialah:
a.
Layanan instruksional
b.
Layanan bantuan (bimbingan dan konseling)
c.
Layanan administrasi
Adapun tiga peranan guru ialah:
a.
Sebagai pengajar
b.
Sebagai pembimbing
c.
Sebagai administrator kelas
Sebagai
pengajar, guru mempunyai tugas menyelenggarakan proses belajar mengajar. Tugas
yang mengisi porsi terbesar dari profesi keguruan ini pada garis besarnya
meliputi empat poko, yaitu:
a.
Menguasai bahan pengajaran
b.
Merencanakan program belajar mengajar
c.
Melaksanakan, memimpin, dan mengelola proses
belajar mengajar
d.
Menilai kegiatan belajar mengajar
Sebagai
pembimbing, guru mempunyai tugas memberi bimbingan kepada pelajar dalam
memecahkan masalah yang dihadapinya, sebab proses belajar mengajar berkaitan
erat dengan berbagai masalah di luar kelas yang sifatnya non akademis.
Tugas guru
sebagai administrator mencakup ketatalaksanaan pada umumnya seperti mengelola
sekolah, memanfaatkan prosedur dan mekanisme pengelolaan tersebut untuk
melancarkan tugasnya, serta bertindak sesuai dengan etika jabatan.
2.
Tanggung jawa guru PAI
Bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) tugas dan kewajiban sebagaimana dikemukakan
di atas merupakan amanat yang diterima oleh guru atas dasar pilihannya untuk
memangku jabatan guru. Amanat tersebut wajib dilaksanakan dengan penuh tanggung
jawab. Allah menjelaskan dalam QS. An-Nisa:58
Tanggung jawab guru ialah keyakinannya bahwa segala
tindakannya dalam melaksanakan tugas dan kewajiban didasarkan atas pertimbangan
professional secara tepat. Pekerjaan guru menuntut kesungguhan dalam berbagai
hal. Karenanya, posisi dan persyaratan para “pekerja pendidikan “ atau
orang-orang yang disebut pendidik karena pekerjaannya ini patut mendapat
pertimbangan dan perhatian yang sungguh-sungguh pula. Pertimbangan tersebut
dimaksudkan agar usaha pendidikan tidak jatuh ke tangan orang-orang yang bukan
ahlinya, yang dapat mengakibatkan banyak kerugian. Rasulullah SAW. Mengingatkan
hal ini di dalam hadist yang artinya sebagai berikut:
Ketika Nabi SAW
berada di dalam majlis dan berbicara kepada kaum, seorang Arab Badawi dating
seraya bertanya, “Kapankah kiamat tiba?” Rasulullah SAW. terus saja berbicara
(seakan-akan tidak mendengar pertanyaan orang iru). Sebagian orang berkata,
“Beliau mendengar pertanyaan tadi, tetapi tidak suka dengan apa yang
ditanyakannya.” Sebagian lain berkata, “Bahkan beliau tidak mendengarnya.” Baru
ketika pembicaraannya selesai, beliau bertanya, “Mana orang yang bertanya
tentang kiamat tadi?” Orang yang bertanya tadi menjawab, “Ini saya ya
Rasulullah.” Beliau menjawab, “Apabila amanat disia-siakan, maka tunggulah
kiamat.” Orang itu bertanya lagi, “Bagaimana menyia-nyiakan amanat itu?” Beliau
menjawab, “Apabila suatu urusan diserahkan kepada orang yang bukan ahlinya,
maka tunggulah kiamat itu.” (H.R. Al-Bukhari)
Tanggung jawab guru PAI terhadap amanatnya sebagaimana
dikemukakan di atas, tegasnya diwujudkan dalam upaya mengembangkan
profesionalismenya, yaitu mengembangkan mutu, kualitas, dan tindak tanduknya.
B.
Pengertian Etos Kerja
Menurut Max Weber, selaku pakar manajemen , etos kerja
diartikan sebagai perilaku kerja yang etis yang menjadi kebiasaan kerja yang
berporoskan etika. Dengan kata lain yang lebih sederhana, etos kerja yaitu
semua kebiasaan baik yang berlandaskan etika yang harus dilakukan di tempat
kerja, seperti disiplin, jujur, bertanggung jawab, tekun, sabar, berwawasan,
kreatif, memiliki semangat yang tinggi, mampu bekerja sama, sadar lingkungan,
loyal, berdedikasi, bersikap santun, dsb.
C.
Etos Kerja Guru PAI
D.
Implikasi Etos Kerja Guru PAI Terhadap
Peningkatan Kualitas PAI di Sekolah
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking